Hack Konfigurasi permalink di WordPress

Cukup sering, kita mendengar istilah (permalinks atau pretty permalinks) yang juga dapat disebut URL yang SEO-friendly. URL ini tidak hanya SEO friendly, tapi saya percaya bahwa mereka adalah manusia juga ramah.  Secara default, WordPress menggunakan URL yang tampak seperti campuran huruf, angka, tanda tanda “?” dan sama dengan “=” digabungkan. Link yang Default tidak  disukai oleh spider mesin pencari dan dan juga sudah di hafal oleh sebagai manusia, mereka juga sulit untuk dibaca.

Untungnya, WordPress menyediakan cara bagi kita untuk mengubah struktur ini menghubungkan sesuatu dimengerti. WordPress menyebut Permalinks. Setting permalink dapat dikonfigurasi sejumlah cara yang berbeda. Salah satu cara untuk cepat mengkonfigurasi permalinks adalah dengan memilih salah satu Setting –> Permalinks, secara default wordpress menggunakan :

  • Default – http://www.domainku.com/?p=123
  • Tanggal dan nama berdasarkan – http://www.domainku.com/2008/01/15/sample-post/
  • Numeric – http://www.domainku.com/archives/123

Tanpa dirubah permalink pada wordpress sudah berjalan sebagai URL dengan tampilan default, namun seperti yang dikatakan diatas URL hasilnya tidak Ramah dan susah di hafal. Dengan pengaturan permalinks memungkinkan Anda untuk menyesuaikan cara permalinks ditampilkan dengan menggunakan kombinasi tag permalink berikut :

  • %year% – 4-digit year (for example, 2008)
  • %monthnum% – 2-digit month (for example, 01 for January)
  • %day% – 2-digit day (for example, 15)
  • %hour% – 2-digit hour of the day (for example, 20 for 10PM)
  • %minute% – 2-digit minute (for example, 50)
  • %second% – 2-digit second (for example, 24)
  • %postname% – Text separated by dashes which usually ends up being the post name. (for example, configuring-wp-permalinks)
  • %post_id% – The unique, numerical ID of the post (for example, 124)
  • %category% – The text of the category name that the post is filed in (for example, how-to)
  • %author% – Text of the post author’s name (for example, ronald-huereca)

Contoh penggunaan :

  • Custom Structure: /%year%/%monthnum%/%day%/
  • Link Output: http://www.domain.com/2008/01/16/

Pastikan bahwa Anda menyertakan garis miring kembali di awal struktur, setelah tag masing-masing dan di akhir. Ini akan memastikan bahwa WordPress menulis aturan yang benar dalam file htaccess. Melalui mod_rewrite.

Setting Permalinks WordPress
Setting Permalinks WordPress

Untuk blog saya sendiri sendiri struktur pada post :

Sekilas nampak seperti halaman HTML biasa, padahal WordPress yang dibuat dengan PHP. Saya coba hilangkan Bulan dan tahun dari URL.

Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak memiliki file. Htaccess?

Jika Anda melihat bahwa Anda tidak memiliki file htaccess dalam direktori yang sama dengan instalasi WordPress Anda., Anda dapat membuat satu dengan terlebih dahulu menciptakan kosong txt. File dan menyimpan file sebagai htaccess.txt. Upload file ini melalui FTP ke folder yang sama yang rumah instalasi WordPress. Setelah file diupload, mengatur hak akses ke file sebagai 666. Selanjutnya, mengubah nama file ke. Htaccess. Sekarang Anda harus memiliki sebuah file kosong. Htaccess untuk WordPress yang dapat menulis permalink aturan yang tepat untuk.

Server yang tidak menggunakan mod_rewrite atau Apache

Jika server webhosting Anda berada di tidak memiliki modul mod_rewrite apache diaktifkan, Anda masih dapat menggunakan pengaturan permalink di WordPress dengan menempatkan index.php di depan tag kustom permalink.

  • Contoh Kode : /index.php/%year%/%monthnum%/%day%/
  • Hasilnya: http://www.domainku.com/index.php/2008/01/16/

Menggunakan index.php dalam cara ini menghilangkan kebutuhan untuk file htaccess. Saya berharap hal ini primer sedikit tentang cara mengkonfigurasi permalinks dalam WordPress sangat membantu. Saya telah melihat terlalu banyak di luar blog di internet yang belum memanfaatkan fitur yang mengagumkan ini. Seperti sudah saya katakan sebelumnya, menggunakan semacam struktur permalink yang lebih baik daripada default WP. Tidak hanya bermanfaat dalam hal SEO, tetapi juga membuat lebih mudah bagi manusia untuk melihat sekilas, apa link tertentu menunjuk ke tanpa harus mengunjungi halaman.

PERINGATAN

Perubahan struktur permalink sebaiknya dilakukan sekali pada saat awal pembuatan Blog. Mengubah struktur permalinks mempengaruhi semua permalinks di blog Anda. Hal ini penting untuk mengetahui karena mesin pencari akan telah diindeks posting di situs Anda melalui permalinks mereka. Jika Anda mengubah aliran struktur permalink pertengahan, Anda akan berakhir membatalkan (menghilangkan) semua link tersebut.

Artikel ini merupakan terjemahan dengan sedikit tambahan dari : weblogtoolscollection.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *