Perbedaan mendasar Switch dan Router





Switch Hub  Ethernet
Switch Hub

Switch/Hub dan Router dalam IP network (Internet) merupakan perangkat yang peting dalam jaringan, mereka digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan. Switch dan Router umumnya mempunyai port (port ethernet) 2 atau lebih. Tidak hanya Komputer namun perangkat lain seperti Access Point, IP Cam, dan berbagai perangkat lain yang bekerja menggunakan standar TCP/IP.Namun ada perbeadan mendasar yang dimiliki, Switch bertugas hanya menghubungkan perangkat dalam satu Network (jaringan) yang sama. Jika 2 perangkat mempunyai IP network dan masing-masing dihubungkan dengan switch maka tidak akan bisa berkomunkasi. Sedangkan Router bisa menghubungkan 2 lebih jaringan yang berbeda. Switch hanya akan meneruskan paket (bisa berfungsi sebagai Repeater). Sedangkan dalam Router terjadi proses antara lain : mekanisme Routing paket, NAT (masquarade), dll.

Umumnya switch (unmanage) tinggal pakai bisa langsung digunakan untuk LAN dan tidak bisa dikonfigurasi sedangkan router umunya mempunyai software didalam yang bisa di konfigurasi sesuai kebutuhan dan fungsinya. Misalnya dikonfigurasi pada : alamat IP-nya, IP Route, DNS, DHCP server dll. Perbedaan Switch manange dengan Unmanage bisa dibaca di sini.

Artikel ini ditulis oleh Imam Suharjo di : http://kuliah.imm.web.id/perbedaan-mendasar-switch-dan-router.html

your tag:

fungsi switch, perbedaan router dan switch, perbedaan switch dan router, fungsi dari switch, perbedaan router dengan switch, fungsi switching, beda router dan switch, pengertian dan fungsi switch

One thought on “Perbedaan mendasar Switch dan Router”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *