Perbedaan Switch Manage dan Unmanage

Terkait dengan tulisan saya sebelumnya tentang perbedaan Fungsi Switch dan router, Switch Ethernet dapat digolongkan menjadi 2 yaitu Switch Manage dan Switch Unmanage. Secara umum fungsi kedua jenis switch sama yaitu sebagai media penghubung dalam jaringan yang sama, memperbesar skala jaringan (dengan mudah bisa digunakan untuk menabah PC dalam jaringan yang sama). Namun ada perbedaan anntara kedua tipe switch tersebut. Perbedaan tersebut antara lain dalam hal :

  1. Instan / Simple, Switch Unmanage simpel dan mudah digunakan (langsung pakai) pada switch Manage belum tentu bisa langsung digunakan (perlu dilihat Konfiguasi yang ada didalamnya).
  2. IP Address, Umumnya switch manage mempunyai Alamat IP dan switch unmanage tidak ada.
  3. Harga, Switch Unmanage umumnya lebih murah dari Switch Manage
  4. VLAN Support, pada switch Unmanage (biasa) semua Port berada dalam jaringan yang sama, koneksi yang ada di sebuat port akan langsung disebar kesemua Port yang ada. Sementara pada Switch Manage, tidak semua Port saling terhubung karena tergantung konfigurasi VLAN yang sudah dilakukan.
  5. Configurable, (Dapat tidaknya di konfigursi). switch Unmanage umunya langsung dipakai, tidak bisa di konfigurasi (plug and play), Switch Manage bisa di konfigurasi umumnya melalui : Port Serial (com), Web, Telnet, dll.
  6. Fungsionalitas, pada switch unnamage hubungan swicth ke switch tidak merubah topologi jaringan yang ada, semua PC akan tetap berada dalam jaringan (network) yang sama. Pada Switch Manage hubungan switch ke Switch bisa menghubungkan banyak Network yang berbeda (VLAN) antara kedua Switch yg ada.
  7. Standar VLAN (IEEE 802.1Q, VLAN tagging) pada Swicth Manage Support ke berbagai perangkat, seperti Router. Sehingga Konfigurasi VLAN di Switch Manage bisa dibaca di perangkat lain yang support VLAN. Pada Switch unmanage hal ini tidak bisa dilakukan.
Contoh Produk Switch Ethernet

Artikel ini ditulis oleh Imam Suharjo, berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai referensi lain di Internet. Artikel ini ditulis di : http://kuliah.imm.web.id/perbedaan-switch-manage-dan-unmanage.html

your tag:

perbedaan switch managed dan unmanaged, beda switch managed dan unmanaged, perbedaan switch managed dengan unmanaged, perbedaan switch manage dan unmanage, switch managed vs unmanaged, pengertian switch managed, perbedaan switch unmanaged dan managed, jenis switch, tipe switch, switch unmanaged adalah

One thought on “Perbedaan Switch Manage dan Unmanage”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *