Pertanyaan untuk saya?

Silahkan sampaikan sebuah pertanyaan untuk saya yang terkait dengan Jaringan Komputer. satu Mahasiswa 1 buat pertanyaan. Dan akan kita diskusikan bersama jawabannya.

Bagaimana : menggabungkan 2 koneksi internet / menggabungkan 2 koneksi internet berbeda / untuk menggabungkan koneksi internet?

Jika adan pakai Router Mikrotik, silahkan baca jawaban di bawah. Jika ingin menggunakan perangkat yang sudah jadi bisa menggunakan loadbalance Router.

Bagaimana : menggabungkan 2 koneksi internet dengan mikrotik menggabungkan 2 jaringan berbeda mikrotik. Menggabungkan 2 IP berbeda dengan mikrotik. Koneksi 2 IP di mikrotik atau menggabungkan 2 koneksi internet dengan mirkrotik? Bagaimana menggabungkan 2 koneksi menggunakan mikrotik?

Teknik yang umum dilakukan adalah dengan membagi koneksi kedalam beberapa bagian, selajutnya tiap bagian akan di Routerkan melalui jalur masing-masing (jalur1 dan jalur 2). Ada beberapa metode untuk menggabungkan antara lain dengan metode PCC, bisa dibaca disini : mikrotik.co.id

Bagaimana menggabung dua LAN gedung yang berbeda?

Jika 2 LAN yang dimaksud adalah dua buah jaringan yang berbeda, maka diperlukan Router untuk penggabungan jaringan. Jika 2 LAN mempunyai IP dalam network yang sama, anda ahna memerlukan Switch saja. Network yang berbeda misalkan : LAN yang satu mempunyai IP 192.168.1.3 (192.168.1.0/24) sementara LAN yang lain mempunyai IP 192.168.2.4 (192.168.2.0/24)

Bagaimana koneksi internet lewat mikrotik?

Mikrotik merupakan router yang perlu di konfigurasi dahulu sebelum digunakan. Topologi secara Umum intente menggunakan Mikrotik : Koneksi Internet –> Mikrotik –> (Switch) –> PC-PC. Tentang Mikrotik Bisa baca di web saya yang lain di Imm.web.id

Apa keuntungan speedy?

Speedy koneksi dengan kecepatan yang relatif (cepat) namun share (Alokasi bandiwtdh digunakan untuk banyak user). Beberapa Keuntungannya : Murah, Tidak perlu tambahan alat untuk koneksi (seperti Wifi, Antena, dll), Penyambungan/pemutusan relatif mudah.

Apa keuntungan menggunakan server mikrotik,  keuntungan menggunakan mikrotik router?

Mikrotik adalah salah satu jenis merk/produk router, dengan router jaringan di tempat ada akan lebih bisa di manage (diatur) antara lain :

  • Klu Mikrotik, relatif murah
  • Bisa dipasang firewall
  • Pengaturan akses user lebih mudah
  • Bisa di buat Hostpot dengan mudah, dll.

Kerugian menggunakan speedy dalam dua komputer?

Kecepatan akan terbagi pada kedua komputer jika digunakan untuk internet secara bersamaan. Akan terasa saat downlaod bersamaan, jika hanay untuk browsing normal tidak terlalu berasa efeknya.

Kerugian kabel utp cross,  kerugian dan keuntungan menggunakan kabel cross-over,  Kelemahan Kabel jaringan cross?

Kabel Cross Over umunya digunakan untuk koneksi PC ke PC. Jika kabel dibuat sesuai standar TIA dan craping-nya bagus tentu koneksi juga relatif akan bagus juga.

Kelemahan memakai dua line speedy dalam satu router?

Penggabungan 2 Line Speedy dengan teknik yang benar akan memberikan manfaat yang baik. Koneksi akan terbagi, teorinay bisa merata. Namun jika teknik pembangian tidak tepat bisa menyebabkan koneksi melambat, atau beberapa PC tidak bisa terkoneksi.

Ada 5 macam protocol serta kelemahan dan kelebihan?

 

Berikut Pertanyaan dari Anda di Form Komentar yang terjawab :

27 thoughts on “Pertanyaan untuk saya?”

  1. Bagaimana metode yang tepat untuk menggabungkan 2 line internet yg berbeda untuk dapat menghasilkan kecepatan akumulatif dari keduanya?
    Dan pengaruh NAT dalam setting-nya..?

  2. Bagaimana membuat instalasi atau jaringan gedung misalnya 3 lantai?
    Misalnya dengan server gedung,dan instalasi komputer!

  3. Dalam mengirimkan data ke komputer lain tidak berupa data itu langsung tetapi berupa: header, data , dan trailer . Tolong dijelaskan . Trima kasih

  4. Masalah apa saja yang sering ditemukan dalam Jaringan Komputer ? Dan bagaimana solusi dari pemecahan masalah tersebut ? Serta apa penyebab dari timbulnya masalah-masalah tersebut ?.

    Terima Kasih.. ^_^

  5. kenapa proses penetapan perangkat keras jaringan komputer relatif lebih mudah di banding dengan perangkat lunak?

  6. apakah bisa pamansangan kabel utp dengan kombinasi yang kita buat sendiri, tidak berpatokan dengan 2 standar dan ada, dan apakh ada “trouble” bila dilakukan?

  7. apa saja jenis-jenis protocol beserta penjelasannya?dan apa ada kelebihan atau kekurangan pada jenis protocol tersebut.

  8. kalau untuk konfigurasi dari Modem+AP ke Router+AP idealnya menggunakan konfigurasi yang seperti apa dan jika tidak sesuai biasanya apa efeknya?

  9. Saya mau tanya bagaimana caranya menggabungkan 2 coneksi internet dari 2 layanan internet berbeda misalnya 1 speedy 1 lagi FO dalam 1 ruter. mohon pencerahan nya. terimakasih

    Jwb Admin : @shamand : Bisa menggunakan :

    • Router yg support Load balance
    • atau menggunakan router misal Mikrotik dengan membuat Rule untuk membagi Trafil, misal dengan PCC.

     

  10. Saya bukan lulusan teknik komputer,saat ini saya sedang menjalani usaha dibidang pengadaan dan juga main saham di Bursa Efek Jakarta,saya membutuhkan koneksi internet yang cepat,tentu itu mebutuhkan biaya yang mahal bila saya membeli atau mengunakan jaringan seperti perusahaan pada umumnya,nah perusahhan saya kan baru berdiri dan berinisial cv bkan pt,tentu tau dong kalo bkan perusahhan yang gede,dan untuk pengiriman data kita perlu jaringan yang cepat dan 24 jam nonstop, kita cuma 3 orang yang stay dirumah yang menjadi kantor pribadi saya. Yang ingin saya tanyakan, dengan biaya yang tidak terlalu mahal atau sesuai.

    • Bagaimana saya bisa mengunakan koneksi internet yang cepat untuk memudahkan saya mengirim email keperusahhan?
    • peralatan apa saja yang mesti dibeli, Karena saya agak kesulitan dengan pengiriman data yang hanya mengunakan spdeey?

    Terima kasih

    Jawaban :

    • Speedy apa yang digunakan? Klu memang itu Urgent sebaiknya pilih paket Speedy minimal Paket Familia (Unlimited 1 Mb/s). Yg uplaodnya sktr 256kbps. Jika memang ada Buget lebih bisa gunakan Internet langganan (Di Jakarta banyak Pilihan) bisa pilih sesuai Buget, harga umunya lebih mahal dari Speedy namum kualitas lebih baik (perlu survey dan pilih)
    • Perangkat yang digunakan jika belangganan, umunya disediakan oleh Provider (kita bisa beli/sewa). Malah jika kita langanan Bandwidth besar, perangkat biasanya di Pinjamkan secara GRatis.

     

  11. yg jadi masalah itu..
    Kita terhubung pada jaringan dengan IP 192.168.2.3 (DHCP on)-wireless.
    Ada jaringan yg ingin kita hubungi tetapi letaknya di DHCP lain yg memberikan IP 192.168.1.3 (DHCP on)-wireless

    Ke dua DHCP server terkait UTP, tetapi tdk terjangkau tangan.
    kita tdk terhubung pada jaringan 192.168.1.xxx
    Kita hanya terhubung melalui 2 DHCP server tadi saja yg terkait pada UTP.

    Ada solusi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *